• BK MTSN 4 MADIUN
  • We Care About You

Enaknya curhat ke guru BK

Di lingkungan MTs Negeri 4 Madiun tak jarang guru BK melayani konseling individual. Menurut Ahmad Sudrajat konseling individual adalah “proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancar konseling oleh konselor kepada konseli yang sedang mengalami suatu masalah, yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli”. Masih menurut Sudrajat konseling individual digunakan ketika:

  1. Konseli mengalami krisis masalah yang sangat komplek
  2. Masalah yang dibicarakan memiliki tingkat kerahasiaan tinggii
  3. Konseli merasa ketakutan atau tidak nyaman untuk membicarakan masalahnya
  4. Konseli tertolak dilingkungannya
  5. Topik yang dibicarakan berkaitan dengan penyimpangan
  6. Konseli membutuhkan perhatian dan pengakuan

 

Sebenarnya setiap peserta didik bisa saja membuat atau mengatur jadwal bimbingan atau Bahasa keren anak sekarang curhat ke guru BK. Bahkan guru BK bisa jadi teman curhat yang paling tepat buat peserta didik MTsN 4 pada khususnya. Bagi para guru atau yang mengajar mata pelajaran lain jarang sekali menginjakkan kakinya ke ruang BK, kecuali jika memang ada keperluan mendesak atau jika salah satu dari peserta didik yang terkena masalah, lantas wali kelas menemani dan turut serta menyelesikan masalah anak didiknya, terkadang ruang BK dijadikan ruang persinggahan sementara sambil menunggu kelas selanjutnya.

Beberapa masalah berikut ini yang sering terjadi tapi jarang disadari oleh peserta didik, diantaranya adalah:

  1.  Masalah di rumah

Kondisi rumah sedang tidak karuan karena orang tua bertengkar? Semua orang bisa mengalami hal seperti itu. Curhat ke temen sendiri malah tidak ada solusi atau malu? Tidak  ada salahnya menceritakan masalah yang kita hadapi ke guru BK. Sebagai orangtua di sekolah otomatis mereka berusaha menjadi pihak yang netral dan sebisa mungkin melindungi peserta didiknya supaya tetap bisa fokus belajar.

  1. Mendadak galau dan kehilangan arah

Perubahan hormon di masa remaja terkadang bikin emosi naik-turun. Anak muda di usia belasan juga bisa merasa depresi sendiri dan bingung dengan masa depannya. Klise memang, tapi lagi-lagi guru BK selalu membuka pintu buat peserta didik yang lagi galau.

  1. kebingungan memilih kegiatan ekstra

Jangan kira guru BK engga punya catetan tentang murid-muridnya. Justru dokumen-dokumen guru BK tuh dipenuhi informasi soal muridnya. Mereka punya rekam jejak nilai-nilai murid, dan tentunya tau ektra  yang terbaik buat muridnya. Tapi inget, mereka bolehsaja memberi saran, namun semua keputusan ada di tangan peserta didik.

  1. Punya masalah sama temen

Bohong, jika peserta didik tidak  pernah berselisih faham atau bertengkar untuk masalah-maslah yang sebenarnya sepele sama temen di sekolah. Ketika bertengkar dengan teman di sekolah tidak bisa diselesaikan sesama temen, guru, atau bahkan wali kelas, guru BK lah yang punya jurus jitu menyelesaikan kasus seperti itu.

  1. Sulit beradaptasi dengan teman

Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2009, guru BK bertugas membantu peserta didik yang sulit beradaptasi di lingkungan sekolah. Berhubung kesulitan dalam mencari teman adalah salah satu dampak gagal adaptasi, curhat saja ke guru BK.

  1. Ingin pindah sekolah

Sebelum surat pernyataan pindah ditandatangai kepala sekolah, sebaiknya kamu curhat dulu ke guru BK. Mereka jadi pihak yang bakal membantu kalian dalam menyelesaikan masalah di sekolah. Kalau pindah sekolah udah jadi keputusan final, guru BK lah solusi terbaik untuk menemukan sekolah mana yan cocok buat kalian. Sekilas terkesan sepele tapi harus kita ketahui juga bahwa setiap guru BK dibekali ilmu psikologi, jadi mereka sangat berpengalaman sekali dalam menghadapi peserta didik yang memiliki perilaku beraneka ragam. Jadi, jangan ragu buat curhat atau konsultasi ke guru BK. Tenang saja, kerahasiaan terjamin.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi pelajar di berbagai jenjang yang mungkin pada saat ini sedang mengalami kondisi seperti di atas bahkan yang sama sekali belum  konsultasi dengan guru BK, tidak ada salahnya kalian mencoba untuk berkomunikasi dengan beliau. Karena manusia tak luput dari kesalahan, tak ada gading yang tak retak.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Apa itu Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan s

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator